Monday, April 19, 2010

CDMA sebagai alternatif pilihan mobile-phone

Sekarang, teknologi CDMA untuk alternatif pilihan mobile-phone sudah dapat diakses dengan beragam pilihan feature dan model handphone.

Tarif telepon yang cukup terjangkau dan daya baterai yang lebih tahan lama, membuat CDMA cukup banyak disukai. Nah, sebelum Anda berpikir untuk mulai memanfaatkan fasilitas CDMA, tidak ada salahnya untuk mencermati pilihan yang ditawarkan CDMA di pasaran.


Jaringan yang berbeda

Harus Anda ketahui, setiap provider CDMA memiliki sistem frekuensi yang berbeda yang harus disesuaikan dengan tiap wilayah di mana Anda menggunakannya. Misalnya, frekuensi 800 MHz atau 1900 MHz.

Single band vs. dual band

Selanjutnya, perhatikan apakah ponsel CDMA pilihan Anda merupakan single band (800 MHz) atau dual band (800 MHz dan 1900 MHz). Beberapa jaringan operator CDMA di Indonesia seperti PT Telkom (TelkomFlexi), dan PT Indosat (StarOne) menggunakan teknologi dual band sebagai jaringan CDMA-nya, sedangkan untuk PT Mobile-8 Telecom (Fren), dan PT Bakrie Telecfom (Esia), bekerja paa frekuensi 800 MHz saja. Untuk Anda yang sering bepergian, ponsel CDMA dual band merupakan pilihan yang cocok.

Injection vs. slot SIM card

Faktor berikut yang perlu Anda cermati adalah feature slot SIM cfard dalam ponsel CDMA Anda. Jika ponsel Anda tidak memiliki slot SIM card, berarti Anda harus meminta provider CDMA terkait untuk 'penamaan' SIM card ke dalam ponsel Anda dengan sistem injeksi. Nah, bagi Anda yang sering berganti nomor atau SIM card, pilihan ponsel CDMA dengan slot SIM card adalah pilihan yang sempurna. Jadi Anda tak perlu repot.

Acessibility

Feature dan teknologi CDMA yang ditawarkan juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Sekarang, sudah cukup banyak ponsel CDMA yang menawarkan feature yang serupa dengan ponsel pada umumnya, seperti koneksi internet, e-mail dan MMS.

Smart buyer is a person who knows exactly what he/she bought. Jadi pastikan Anda mengetahui semua teknologi yang ditawarkan sebelum memilih yang tepat untuk Anda.


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons