Saturday, September 26, 2009

Selamatkan Bumi pake tangan kita sendiri

Selamatkan Bumi pake tangan kita sendiri


Permasalahan lingkungan gak akan pernah kelar dan bakal terus terjadi. Tau gak kenapa? Ya karena yang ngerusak lingkungan itu kita sendiri. Lingkungan akan baik-baik aja kalo makhluk yang namanya manusia udah hilang ditelan bumi alias gak ada lagi. :p

Nah, bumi kan udah baik tuh ngasih tempat buat kita tinggal. Coba kalo gak ada bumi, kita tinggal dimana? Makanya kita harus baik sama bumi. Caranya gimana biar bumi tercinta kita gak rusak?

Buat menjawab masalah itu, Wahana Lingkungan Hidup atau Walhi mengampanyekan program CHANGE. Ini merupakan kata bahasa Inggris yang artinya berubah. Kita harus mengubah pola hidup kita yang tidakk baik bagi lingkungan. Caranya sederhana kok.



Yang pertama adalah reduce (mengurangi). Kurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit didaur-ulang seperti plastik. Kedua reuse (menggunakan kembali). Pake lagi produk-produk yang sekiranya bisa dimanfaatin. Misalnya kertas bekas buat nulis catetan. Ketiga refuse (menolak penggunaan barang yang merusak lingkungan). Contohnya pemakaian styreofoam. Keempat recycle (mendaur ulang apa yang udah di pake).


Biar mudah didaur-ulang kita harus misahin sampah mana yang bisa disa didaur-ulang dan mana yang gak. Kalau kita gak bisa mendaur-ulang sendiri, serahin aja sama petugas sampah atau pemulung. Biar mereka yang manfaatin sampah-sampah itu.

Kampanye itu selain bisa mengurangi kerusakan lingkungan, juga bikin kita irit loh, kita gak perlu beli kantong plastik lagi. Atau, kita gak perlu beli buku tulis lagi, cukup pake kertas sisa yang masih kosong.

Cara-cara seperti inilah yang bisa kita lakuin dengan tangan kita sendiri. Sederhana bukan? Emang sederhana. Dan bumi kita emang baik. Gak butuh dikasiani dan diperlakuin yang macem-macem kok.


Image taken from Here and Here

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons